Friday, March 1, 2013

Yogyakarta RM166 Pulang Pergi !


"Di kanan gunung di kiri gunung, di tengah-tengahnya Pulau Jawa, dalangnya bingung wayangnya lebih bingung, yang penting bisa ketawa "

Itulah pantun dari sang dalang di Opera Van Java. Lagi-lagi Pulau Jawa memanggil aku untuk mampir berwisata ke tanah nya. Terakhir, aku menjejak kaki ke tanah Jawa ialah pada tahun 2010. Tapi, asal kalian tahu, destinasi yang aku sambangi itu ialah tanah Parahyangan. Tanah Sunda. Ya benar, duduknya di Pulau Jawa akan tetapi, orangnya Sunda.

Nah, kali ini aku bener-bener ke pusatnya Jawa. Kota adibudaya Jawa. Jawanya kental, malah di daerah ini, gubenurnya ialah Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang gak butuh coblosan lewat pilkada untuk dinobat menjadi kepala daerah. Namanya juga Daerah Istimewa.

Kerennya Yogyakarta ini adalah karena, asal muasal negeri ini merupakan sebuah negara merdeka, walaupun saatnya penjajahan Belanda berlaku di seluruh Indonesia. 

Yogyakarta menjadi istimewa karena Sri Sultan pada saat kemerdekaan Indonesia itu menjadikan negaranya sebagai anggota pertama Republik Indonesia Serikat dengan legowo dan penuh semangat. Malah, saat Belanda bersikukuh mencoba takluki semula Hindia Timur selepas proklamasi kemerdekaan Indonesia dan menyerang Batavia, ibukota Indonesia seketika dipindah ke Yogyakarta.

Di Yogyakarta juga terletak dua candi yang tenar dikenal di seluruh dunia. Borobudur dan Prambanan. Hal ini telah membuat Yogyakarta sebagai tumpuan wisatawan mancanegara kedua terseru seIndonesia selepas Bali mengatasnamakan warisan kuno yang indah.

Nah kali ini tiket pesawat pulang pergi ke Yogyakarta aku dapatkan dengan harga yang lumayan murah! RM166 lewat situs Air Asia.

Tunggu saja kedatangan aku Yogyakarta. 8 Mei hingga 11 Mei !

No comments:

Post a Comment