Wednesday, January 9, 2013

Indonesia Tiru Konsep Terowong SMART

Keren coy! Ternyata mercusuar dasar bumi Kuala Lumpur, (kok mercusuar tapi di dalem tanah) SMART Tunnel, sudah dilirik untuk dicontek sang gubenur, Pak Jokowi buat Jakarta.

Terowong SMART menjadi ilham untuk Jokowi tampil memberi idea berhubung kaedah penyelesaian masalah banjir di Jakarta yang disebabkan oleh larian air muka akibat banjir di kawasan hulu terutamanya dari Bogor.

Terobosan terbaru yang dirancang Pak Jokowi ini merupakan terowongan berdiameter 16 meter dan akan dibangun dari Jalan MT Haryono hingga Pluit dan diprediksi memakan dana Rp 16 triliun.

Nilai ini bersamaan dengan RM 5 billion dengan jangka masa menyiapkannya membawa kepada 5 tahun namun sebagai wilayah berpendapatan paling kaya di Indonesia, tidak menjadi masalah untuk Jakarta yang memperoleh kutipan cukai tahunan kira-kira RM 5 billion setahun.


Ini Dia Konsep Terowongan Raksasa yang 'Ditiru' Jokowi

Zulfi Suhendra - detikfinance
Kamis, 27/12/2012 15:13 WIB


Jakarta - Ide membangun terowongan raksasa yang digagas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebenarnya pernah digagas pada jaman Gubernur DKI Sutiyoso. Proyek ini juga dinilai meniru dari proyek terowongan serupa di Kuala Lumpur, Malaysia yang disebut Stormwater Management and Road Tunnel (SMART).

“Kita pernah bahas itu, yang kita tiru adalah Malaysia. Namun terkendala masalah teknis dan ekonomis karena mahal pada saat itu,” ungkap Menteri Pekerjaan Umum (PU), Djoko Kirmanto saat ditemui di kantornya, Kamis (27/12/12).

No comments:

Post a Comment